About Me

sidoarjo, Indonesia
Lihat profil lengkapku
gunz. Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook Badge


you insurance
you insurance free counters
Kamis, 11 Februari 2010

PostHeaderIcon Sepasang Komodo Ragunan Dipinjamkan ke Hungaria


JAKARTA - Sepasang komodo koleksi Taman Margasatwa Ragunan (TMR) Jakarta Selatan ''pindah rumah''. Kemarin (10/2), binatang yang diyakini sebagai sisa makhluk purba itu dikirim ke Nyireghazi Allatpark Sosto Zoological Park, Hungaria.

Humas TMR Wahyudi Bambang mengatakan, kedua komodo itu dikarantina tiga minggu terlebih dulu sebelum menempuh perjalanan jauh. "Dua komodo yang diberangkatkan itu bernama Bagol dan Indri," ujarnya.

Pengiriman sepasang komodo tersebut dalam rangka kerja sama Indonesia dengan Hungaria. ''Kami bertukar pinjam binatang,'' katanya.

Selama dua bulan pertama, pasangan komodo itu ditemani dokter hewan dan pawang (perawat) hewan, yang biasa merawatnya di sini. Mereka akan memberikan arahan sementara bagaimana cara memberikan makanan terhadap hewan buas (karnivora) tersebut. Jika kedua komodo itu mengalami kondisi yang tidak baik, pemerintah Indonesia berhak membawanya kembali ke Indonesia.

Sebelum ke Hungaria, menurut Wahyudi, sepasang komodo itu pernah dipinjamkan ke Jepang dan Jerman. Saat ini kedua binatang itu berusia sebelas tahun.

Bogol, yang jantan, memiliki berat 125 kilogram. Sementara bobot Indri, si betina, 80 kilogram. Rencananya, kedua binatang itu terbang dari Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 10.00. "Perjalanan Indonesia-Hungaria memakan waktu 20 jam. Transit di Amsterdam lalu melanjutkan perjalanan ke tujuan," katanya.

Dalam pemberangkatan menuju Bandara Soekarno-Hatta pagi kemarin, puluhan staf Kementrian Kehutanan dan pawang Ragunan sempat melepasnya.

Sebagai penukaran dari Hungaria, TMR mendapatkan 17 hewan langka khas negeri itu. Di antaranya dua pasang lemur ekor cincin, tiga ekor burung onta, dua pasang kapucin, dua pasang mammorset, dan sepasang zebra.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails